Mengapa Kita Harus Merawat Komputer

Ping your blog, website, or RSS feed for Free Print Friendly and PDF
Mengapa Kita harus merawat komputer?

Pertanyaan diatas mungkin sudah sering kita dengar, dan ada beberapa orang yang dapat menjawabnya dan juga ada beberapa orang yang masih bingung dengan pertanyaan Mengapa kita harus merawat komputer? Komputer, seperti juga barang-barang yang lain memang memerlukan perawatan karena sering dipergunakan/ dipakai oleh kita, agar komputer tersebut dapat bertahan lama dan tidak sering hang atau rusak sehingga dapat menyulitkan sipemakai.

Ada beberapa tips agar komputer tidak menjadi sering mengalami kerusakan:
  1. Bersihkan motherboard dan hardware lainnya secara berkala minimal satu bulan satu kali. Untuk membersihkannya dapat menggunakan kuas atau atau lebih baik lagi dengan menggunakan kompresor angin agar hasilnya lebih memuaskan, juka anda tidak memiliki kompresor, anda dapat membawa komputer anda ke tempat tukang tambal ban untuk meminta mereka menyemprot komputer anda dengan kompresor. Memori dapat dibersihkan dengan menggunakan penghapus dengan cara cabut terlebih dahulu memori dari komputer kemudian dibersihkan dengan penghapus yang anda miliki.
  2. Buang program-program yang sudah tidak terpakai lagi dengan cara mengunisntall di control panel dan bersihkan tong sampah/receyle bin.
  3. Defragment Hardisk secara berkala, kegunaan dari defragment adalah untuk merapikan data-data yang tersimpan di harddisk sehingga dapat memudahkan sistem membaca data-data yang ada diharddisk. Defrag Harddisk yang sering dilakukan juga tidak disarankan karena dapat merusak piringan didalam hadrdisk.
  4. Gunakan UPS pada komputer untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba ketika komputer sedang digunakan.
  5. Install program antivirus dan update secara berkala, untuk mengenali virus/trojan baru. Scan media (Flashdisk, memori card, dll) lain yang masuk ke komputer dengan anti virus yang anda update untuk mencegah virus masuk kekomputer anda yang dapat menyebabkan komputer anda menjadi lemot/lambat.
Demikian tips-tips merawat komputer sehingga komputer yang anda gunakan dapat bertahan lama dan semoga tips ini bermanfaat bagi para pembaca secarian.

Bila ada saran dan kritik dapat ditaruh dikomentar. Mari kita saling belajar demi kemajuan.....



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...